perbedaan VS persamaan

January 9, 2012 by inyo

ok mari kita buka diskusi panel
pasangan itu akan lebih langgeng karena perbedaan atau persamaan?

ms.G  “karena cinta sih,… bukan.. bukan cinta, tapi pengertian”

mrs.J “karena bisa memahami perbedaan satu sama lain”

demikian berbagai jawaban yang muncul…..
kalau persamaan terlalu banyak mungkin akan bosan, seperti pacaran dengan diri sendiri.
kalau perbedaannya kebanyakan? bisa berantem tiap hari, kecuali bisa mengamalkan apa yang mrs.J katakan, memahami perbedaan satu sama lain.

coba bayangkan, tinggal serumah, seatap, sebantal, sepiring berdua, yang satu religius sekali , satunya lagi mungkin tidak pernah tahu apa keyakinan dalam dirinya.
yang satu manusia super rapih, yang satunya lagi ya mungkin kalo ada trend interior berantakan pasti designnya akan jadi pemenang.
yang satu wangi parfum mahal, satunya lagi lebih suka menghemat air alias jarang mandi.

tapi cinta…gimana?
memang kita harus belajar untuk mengerti, memahami, menolerir semuanya. tapi sampai kapan? pernah mengalami merasa  diri berubah karena pasangan? mungkin sebelumnya  malas bangun pagi sekarang alarm belum berbunyi kita sudah siap berangkat kerja.
atau mungkin yang parah berubah jadi pemabuk karena pasangan menyimpan koleksi minuman alkohol segudang *hanya perumpamaan

menurut saya semua ada batas waktu. seperti sekolah ada batas tahun kelulusan, atau kerja yang mempunyai masa kontrak atau pensiun.
kapan batas waktu perbedaan itu bisa ditolerir? sampai saya tahu saya tidak berniat untuk merubah kebiasaan pasangan dalam hal apapun.

“kalo ada hal yang ingin kamu rubah dari orang itu artinya kamu belum siap berkomitmen dengan dia” begitu menurut ms.G

mungkin ada benarnya, tetapi yang saya rasakan semakin sering kenal dengan banyak orang, semakin sulit menemukan yang cocok. dalam hal ini untuk kepentingan hubungan perasaan.

%d bloggers like this: