tetesan keran bocor

August 4, 2017 by inyo

menjadi manusia yang mengalami OCD, obsessive compulsive disorder, terkadang merepotkan diri sendiri. namun bisa juga menghasilkan sesuatu yang baik terutama bila diaplikasikan dalam dunia pekerjaan. kita menjadi lebih teliti, rapi, dan selalu berusaha membuat segala sesuatu menjadi sempurna, setidaknya sebaik mungkin menurut standard yang bisa jadi terlampau tinggi di mata orang lain.

suatu ketika keran air di dapur bocor. bunyi tetesan air didalam bak sink begitu mengganggu. tes… tes.. tes… makin lama bunyi ini semakin mengganggu karena tetesan air berbenturan dengan bahan stailess steel  yang terus menerus tanpa henti dengan ritme yang cukup teratur.  tes… tes… tes…. begitu seterusnya.

saat tukang plumbing tidak bisa dihubungi karena masih menyelesaikan pekerjaan ditempat lain membuat suasana menjadi semakin tidak kondusif. hal kecil yang membuat perasaan tidak nyaman bagi orang dengan OCD bisa menjadi hal besar.  dan kalau hal ini terus dibiarkan saya yakin “hal kecil” ini akan membuat emosi saya kurang terkontrol dan bisa merusak suasana hati saya dan juga orang lain disekitar saya.

entah datang ide darimana, setelah sarapan saya tidak langsung mencuci mangkuk yang biasa digunakan sebagai wadah buah seperti yang biasanya saya lakukan, alih-alih saya membiarkan mangkuk tersebut terisi dengan air dan dibiarkan tepat dibawah tetesan keran bocor. bunyi tetesan air yang pada awalnya begitu mengganggu karena bersentuhan langsung dengan stainless steel bak pencucian seketika berubah menjadi suara bening yang menenangkan seperti berada dalam ruangan sebuah spa. saya menikmatinya. bahkan sampai beberapa hari selanjutnya kebiasaan meletakan mangkuk bekas sarapan berisi air dibawah tetesan keran bocor ini masih berlangsung.

dari hal kecil ini saya belajar, bahwa terkadang dalam ketidak sempurnaan pun terdapat sebuah keindahan. keindahan itu dapat kita ciptakan asalkan kita mau sedikit berdamai dengan diri kita sendiri..

%d bloggers like this: