medical check up

July 11, 2018 by inyo

sejak beberapa tahun terakhir saya rutin melakukan medical check up, pun setiap akan melalui proses tersebut ada perasaan was-was, khawatir kalau ada sesuatu pada tubuh ini, dan berbagai pikiran lainnya. walau secara medic saya cukup yakin untuk merasa lebih aman karena tidak merokok, minum alcohol, serta cukup rutin berolah raga.

syukur sekali pada pemeriksaan terakhir hasilnya semua baik. tidak ditemukan sel-sel kanker, ataupun penyakit berbahaya lainnya yang sangat dikhawatirkan. bahkan kadar gula dalam darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat, pemeriksaan hati, urin, paru-paru, dan jantung semua menunjukan hasil yang baik.

namun ada sedikit ganjalan pada ginjal. ditemukan batu ginjal pada ginjal sebelah kanan.  padahal tidak ada tanda atau gejala yang mengindentifikasi adanya batu pada ginjal. dokter yang menganalisa hasil medical check up langsung  merujuk kepada dokter spesialist urologis untuk pemeriksaan lanjutan.

setelah benar ditemukan batu pada ginjal kanan, sebelum mengambil keputusan tindakan apa yang akan dilakukan saya memutuskan untuk mencari second opinion dari urologist lainnya, dan juga mencari info dari dokter pribadi serta kerabat yang pernah mengalami atau mengerti lebih banyak soal batu pada ginjal.

hasilnya akan dilakukan tindakan penghancuran batu pada ginjal tanpa operasi, yang lebih dikenal dengan proses ESWL. proses ini relative lebih aman, tanpa pembedaahan, dengan cara menembak batu tersebut dengan gelombang kejut.

iniah kegunaan dari medical check up atau health screening, kita dapat mengetahui lebih dini apabila terjadi sesuatu yang tidak normal pada tubuh dan kesehatan kita yang mungkin saja tidak menunjukan gejala-gejala yang dapat dilihat atau dirasakan secara langsung, dan hanya dapat diketahui apabila kita melakukan screening.

tidak ada salahnya untuk rutin melakukan medical check up, terlebih untuk yang sudah berusia 30 tahun keatas. mengingat gaya dan pola hidup yang semakin hari semakin jauh dari pola hidup sehat seperti yang seharusnya dianjurkan karena alasan kesibukan, pekerjaan, waktu, biaya, dan berbagai alasan lainnya.

sehat itu mahal dan sangat berharga, sudah seharusnya dijaga dan tidak semena-mena terhadap tubuh kita sendiri.

%d bloggers like this: