cinta universal

entah sejak kapan, setiap bangun di pagi hari ada kesenangan tersendiri berada di taman untuk sekedar duduk-duduk sambil sarapan, atau bahkan mengambil waktu untuk berbenah, merapikan tanaman, membuang tanaman kering dan layu, atau bahkan hanya sekedar menyiram tanaman agar terlihat segar.

mungkin juga karena secara tidak sadar makin merasakan ada rasa kebahagiaan saat dekat dengan alam, dekat dengan tumbuhan, menyentuh tanah, menghirup aroma dedaunan, bahkan saat bermain dengan anjing-anjing peliharaan yang terkadang turut membantu merusakan tampilan taman yang sudah ditata.

sadar muncul perasaan bahwa tanaman-tanaman itu tumbuh menjadi lebih subur, segar, dan seperti merasa diperhatikan. tanaman-tanaman yang dulunya tumbuh kurang segar sekarang seperti hidup dalam semangat yang bergejolak.

apakah tanaman ini juga bisa merasakan perhatian yang kita berikan? mungkin iya. tanaman juga adalah mahluk hidup. seperti manusia dan hewan, tanaman juga pasti memiliki perasaan, hanya bahasa verbal penyampaiannya saja yang tidak kita pahami.

tetapi saat melihat tanaman-tanaman itu tumbuh dengan sehat, seolah-olah itu adalah ungkapan perasaan terima kasih mereka.

seperti manusia dan hewan yang berlimpah kasih sayang akan memancarkan aura kebahagiaan, demikian juga dengan tumbuhan.

mengajak tumbuhan berkomunikasi walaupun dengan bahasa yang berbeda tetap akan tersampaikan. ketulusan, kasih sayang, perhatian yang kita berikan dalam bentuk perawatan atau sekedar menyapa tanaman-tanaman di pagi hari membuat mereka tumbuh dengan bahagia.

memuji kecantikan mereka, membelai mereka dengan kasih sayang, membuat tanaman-tanaman itu semakin indah dan sebagai balasannya kita akan merasakan suka cita yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. hanya perasaan senang, tenang, dan bahagia yang bisa kita rasakan.

dari tanaman ada pelajaran penting. lebih baik diam saat tidak ada kalimat yang membuat orang bahagia. karena dalam diam mereka memancarkan bahasa kasih sayang. dalam diam mereka membagikan energi positif. dan dalam diam kebahagian bisa tersalurkan.

aliran luapan cinta kasih tidak akan berhenti saat satu sama lain saling mengasihi.

manusia, hewan, tanaman, semuanya memiliki jiwa yang berada dalam tubuh fisik. jiwa-jiwa inilah yang saling membutuhkan kasih sayang dan cinta dalam makna yang universal.

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: