jawaban sebuah harapan

pun senang dengan kehidupan perkotaan, barang berkualitas, dan hal-hal modern lainnya, tapi saat berada dekat dengan alam itu bisa mendatangkan perasaan bahagia. mungkin ini yang namanya tastely disoriented uptown boy. type gaya hidup yang belum bisa meninggalkan keindahan keduniawian namun sesungguhnya mampu hidup dalam kesederhanaan.

saat berada dekat dengan alam, sekedar merawat tanaman di halaman rumah, memelihara anjing, ikan serta kura-kura, atau bahkan hanya duduk di teras rumah saat malam hari menikmati udara sejuk dan suara binatang malam mampu memberikan sensasi yang luar biasa.

ada banyak hal yang dapat menjadi pembelajaran dari tanaman serta hewan peliharaan, semisal saat anjing-anjing dengan gembiranya merusak tanaman yang sedang subur. mungkin dalam pikiran mereka itu hanya sekedar bermain dan bersenang-senang tanpa maksud membuat kita kesal.

saat melihat hal seperti itu terkadang emosi meningkat, dan bukan tidak mungkin anjing-anjing lucu ini mendapat teguran omelan keras, bahkan gertakan untuk dihukum dalam kandang. padahal harapan mereka kita bisa memaafkan bahkan ikut bersenang-senang dengan mereka.

pernakah kita berharap dalam doa dan merasa doa kita tidak terjawab hanya karena apa yang kita harapkan tidak terkabul?

setiap doa dan harapan itu pasti memiliki jawabannya. cepat atau lambat, atau sesuai, atau berbeda dari keinginan dan doa kita. namun semua itu pasti ada maksud dan tujuannya.

anjing-anjing yang merusak taman bisa saja tidak ditegur, namun disaat lain mereka akan terus mengulangi kesalahannya. dan hal itu tentu tidak baik.

demikian juga dengan doa dan harapan yang tidak terwujud. pasti ada hal baik dibalik semua itu. hanya saja kadang kita tidak dapat langsung memahaminya. karena kita menggunakan pikiran dan perasaan kita sendiri untuk sebuah jawaban akan doa.

saat demikian, biarlah keteguhan hati dan kebesaran jiwa untuk menerima jawaban doa itu hadir dalam pikiran. belajar menerima segala sesuatu itu pasti baik adanya. dan semua pasti akan ada maksud dan tujuannya. hingga satu waktu nanti kita akan memahami dan mensyukuri jawaban dari doa serta harapan tersebut.

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: