semua ada waktunya

segala sesuatu sudah ada waktunya. memang sebagai manusia kita tidak boleh berhenti untuk berusaha, namun setelah itu belajarlah untuk berserah. bukan berarti pasrah tanpa usaha, tapi belajar untuk ikhlas terhadap segala apa hasil usaha yang telah kita kerjakan sebelumnya.

ada hal-hal yang bisa kita atur sesuai keinginan, tetapi ada juga hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, hal-hal diluar kontrol kita sebagai manusia.

pikiran, perasaan, dan bagaimana kita menghadapi sesuatu hal adalah bagian yang bisa kita kontrol atau kendalikan dengan sadar. diluar itu ada banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan. dan kalau kita memaksa mengendalikannya bukan tidak mungkin stress meningkat, bahkan bisa menjadi depresi karena ekspektasi yang tak terlampaui.

semisal contoh, sebelum bepergian kita sudah melihat arus jalan lewat aplikasi mobile map atau mengecek info jalan lainnya. menurut pemaparan hasil pemantauan kita jalan yang akan kita lalui lancar, namun saat kita berkendara bisa saja kita menemukan kemacetan mendadak yang disebabkan oleh hal-hal diluar kontrol kita, seperti ada kecelakaan, pohon tumbang, perbaikan jalan, dan lain sebagainya.

beberapa saat lalu saya mencoba untuk meng-upgrade polis asuransi kesehatan saya, karena saya sadar semakin hari biaya kesehatan semakin tinggi. namun saat saya mengajukan kenaikan pertanggungan polis tersebut salah satu klausa menyebutkan bahwa hal yang berkenaan dengan penyakit batu ginjal tidak akan tercover atau terlindungi dengan pembaharuan polis tersebut, pasalnya karena saya telah sekali melakukan tindakan ESWL (tembak batu ginjal). disamping itu nilai premi yang ditawarkan menjadi terlampau tinggi bagi saya. jelas semua itu adalah hal-hal diluar kontrol saya dan saya tidak bisa melakukan apa-apa karena memang yang menentukan adalah pihak perusahaan asuransi.

setelah berpikir dan mempertimbangkan segala sesuatunya saya tidak memperbaharui polis kenaikan pertanggungan tersebut. ini adalah bagian yang dapat saya atur atau kendalikan. karena semua keputusan ada ditangan saya.

berselang beberapa bulan kemudian tiba-tiba saya mendapat tawaran dari pihak asuransi yang menawarkan peningkatan perlindungan kesehatan saya dengan catatan track record bersih alias pemutihan. tawaran yang sangat menarik, perlindungan yang jauh lebih luas jangkauannya hingga seluruh Asia, dan premi yang nilai kenaikannya tidak sebesar saat saya sendiri mencoba permohonan kenaikan polis perlindungan kesehatan tersebut. sesuatu yang luar biasa diluar kendali saya bukan? dan setelah mempelajari semuanya saya mengambil kesempatan untuk mengendalikan polis asuransi tersebut. saya memutuskan untuk mengambil tawaran yang diberikan.

bayangkan kalau sebelumnya saya sudah mengambil keputusan menaikan polis kesehatan saya beberapa bulan lalu. mungkin tawaran ini tidak akan diberikan lagi, dan saya sudah pasti akan membayar premi yang jauh lebih besar dengan cakupan perlindangaan yang lebih sempit dari yang ditawarkan sekarang.

memang segala sesuatu ada waktunya, segala sesuatu ada masanya.

saat sesuatu terjadi diluar kehendak kita, berusahalah untuk tidak tergesa-gesa merasa kesal, marah, jengkel, sedih, berpikiran negatif, atau bahkan emosi tak berkesudahan. kecewa wajar saja terjadi. tapi ingatlah kembali saat sesuatu yang diluar kontrol kita terjadi, tidak ada yang dapat kita paksakan.yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita menerima dan menyesuaikan diri dengan keadaan sambil berusaha memperbaiki segala sesuatunya. dan saya sering mengalami dimana saat saya belajar untuk menerima keadaan yang tidak dapat saya kendalikan, akan ada hal-hal baik lainnya yang akan terjadi kemudian.

sekali lagi bukan berarti kita harus pasrah, tetapi belajar untuk ikhlas menerima hasil apapun dari tindakan yang telah kita perbuat, kita perjuangkan, dan kita usahakan. dan cobalah untuk selalu yakin dan percaya segala sesuatu yang terjadi itu adalah baik adanya, dan terbaik yang dipersiapkan bagi kita.

Published by inyo

interior decorator, and master of ceremony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: